Berkenalan Dua Jiwa

Kamu pernah ga mengetahui bahwa ada proses pengenalan dua insan yang akan berkomitmen menikah melalui tukar menukar visi misi mereka dalam pernikahan. Nah, itu ada lho… Kamu harus tahu. Seperti yang  diketahui juga bahwa dalam proses ke jenjang tersebut ada yang juga melalui pacaran, ta’aruf, tunangan, dan dijodohkan.

Saya tidak ingin menghakimi mana yang harus kamu pilih. Karena kita belum mendudukkan masing-masing pengertian nya. Sekarang saya ingin membiarkan kamu dan saya memilih definisi nya sendiri. Karena setiap orang akan memiliki kontrol dari budaya masyarakat, keluarga dan agama nya yang membuat harus menjalani bentuk mana yang harus dipilih atau mau tidak mau memilih itu.

Intinya sih, sependek yang saya ketahui proses tersebut adalah jalan mengenal awalan untuk menjalin ikatan komitmen pernikahan tersebut. Menurut saya tujuan proses tersebut bukan ingin mengenal saja, melainkan sebagai salam pembuka. Karena mengenal manusia tidak bisa terbatas pada proses tersebut, manusia akan selalu dinamis yang menuntut harus terus dikenali dan dipahami.

Apalagi tujuan nya menjadi pasangan hidup. Jika perkenalan insan terbatas pada proses pacaran atau ta’aruf atau tunangan bahkan pas ketika mau menikah maka kita akan mendapati sisi yang belum dikenal jika sudah 2, 9, atau 12 tahun kemudian. Karena dalam perjalanannya, insan tersebut akan ada sikap dinamis berdasarkan variabel dan faktor pendukung nya. Pernah baca satu teori, karakter manusia tidak dapat dirubah, melainkan dikembangkan atau diarahkan. Nah, mungkin maksud dinamis tersebut adalah berkembangnya karakter atau berarahnya karakter ke arah yang lain.

Jadi, apa ya inti tulisan saya sekarang? hmmm… Kayanya ga ada sih.

Oh iya… begini mungkin, mengenal manusia itu tidak ada batasnya, baik teman, orangtua, pasangan, saudaramu bahkan lawanmu juga.

Credit:
Image By Pixabay

0
Manusia pembelajar sepanjang hayat Jangan Lupa Bahagia :)
Posts created 10

2 thoughts on “Berkenalan Dua Jiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top